SAMBUTAN REKTOR

Alhamdulillah, puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT atas limpahan karunia yang luar biasa kepada kita semua dalam menjalankan Amanah ke khalifahan di muka bumi ini. Shalawat dan salam selalu tercurah limpahkan kepada Rasululah SAW penerang jalan kehidupan manusia. 

Ungkapan rasa syukur bagi civitas akademika Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri (UIN SAIZU) Purwokerto terpancar, karena proses transisi kepimpinan kampus berjalan dengan baik dan telah terbangun tim kepemimpinan yang baru untuk periode 2023-2027. Bagi kampus UIN SAIZU, tahun 2023 memasuki usia yang ke 61 tahun, usia yang matang dengan sejarah panjang membentang dengan torehan berbagai prestasi sekaligus rekognisi baik pada level lokal, nasional maupun internasional.

Nama SAIZU sebagai kependekan Saifuddin Zuhri yang dalam Bahasa Jepang berarti takaran atau timbangan memberikan pesan filosofis tentang makna keseimbangan ( keseimbangan pemikiran, tindakan, dan prilaku keagamaan). Makna filosofis ini menjadi landasan cita-cita bahwa  bahwa Kampus UIN SAIZU harus menjadi agen dalam menyemai nilai moderasi dan toleransi di tengah menguatnya politik identitas yang menjadikan agama sebagai symbol aspirasi bukan sebagai sumber inspirasi membingkai kedamaian, keharmonisan dan penghargaan atas perbedaan (unity in diversity). 

Sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam terbesar di wilayah Jawa Tengah bagian selatan, UIN SAIZU telah bertransformasi status kelembagaanya dari IAIN Purwokerto menjadi UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto. Tranformasi ini melahirkan mandate baru yaitu kewenangan pengembangan ilmu-ilmu umum diintegrasikan secara paradigmatik dengan ilmu-ilmu keislaman dalam anyaman intergrasi ilmu dalam bingkai paradigma keilmuan Jabalul hikmah. 

Pada bidang tata kelola keuangan, UIN SAIZU juga memasuki sejarah baru yaitu terjadinya transformasi tata Kelola keuangan dari Satker biasa menjadi Satker Badan Layanan Umum berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 87 Tahun 2023 berlaku tanggal 13 Maret 2023. Dengan Status Satker Badan Layanan Umum ini, UIN SAIZU memiliki fleksibilitas tata kelolaan keuangan dan memiliki peluang untuk memberikan layanan kepada stakeholders untuk mendapatkan feedback secara ekonomi menuju kemandirian kampus dan peningkatan kualitas layanan kepada stakeholders. 

Mengusung citra diri Perguruan Tinggi Kegamaan Islam Negeri yang Unggul, Progresif dan Integratif, civitas akademika UIN SAIZU dituntut melakukan langkah-langkah kreatif dan inovatif untuk menciptakan makna keunggulanya, progresifitasnya serta integrasi keilmuan dan kajianya dalam diskursus akademik di ruang publik. Pada titik inilah, semua civitas akademika UIN SAIZU dituntut untuk melakukan terobosan dengan menyusun langkah-langkah taktis-strategis, kreatif dan inovatif untuk menegaskan peran kesejarahanya pada semua sendi kehidupan dengan torehan prestasi, baik bidang akademik maupun non akademik.

Ke depan, UIN SAIZU dituntut selalu memberikan solusi inovatif berbasis nilai-nilai diniyah dan ilmiah dalam menjawab tantangan baik dalam skala lokal, nasional maupun internasional. Arus perubahan zaman yang begitu cepat ditandai dengan kecanggihan tehnologi informasi dan komunikasi serta pola-pola kehidupan yang disruptif, UIN SAIZU dituntut untuk beradaptasi. Meskipun berat, namun dengan semangat kebersamaan, kerja-kerja kolaborasi dan sinergi dengan mencurahkan segenap potensi, maka  yang sulit menjadi mudah, yang berat menjadi ringan dan yang tidak mungkin menjadi mungkin. UIN SAIZU bukan hanya berkomitmen untuk mempersiapkan diri menghadapi masa depan, tetapi juga bertekad untuk menjadi terdepan. Kebersamaan adalah kekuatan, kolaborasi dan sinergi adalah sumber energi yang menggerakan kesadaran kolektif menuju cita-cita bersama menuju UIN SAIZU MAJU.

 


Comment :