Rektor Lantik Pejabat Struktural dan Kelembagaan
Purwokerto- Bertempat di Ruang Pertemuan Lt. 4 Gedung Rektorat UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri, Rektor melantik Pejabat Struktural (Kepala Bagian TU Fakultas Syariah dan Kepala Sub Bagian Layanan Akademik) dan Pejabat Kelembagaan (Kepala UPT TIPD). Pelantikan di saksikan oleh Kepala Biro AUPK, Drs. H. Edhi Gunawan, M.Pd.I., dan Wakil Rektor II, Prof. Dr. Ridwan, M.Ag. 07/6/2022.
Adapun pejabat terlantik, pertama H. Fatkhurrozi, M.Kom., sebagai Kepala Bagian TU Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora, ditetapkan berdasarkan Keputusan Rektor Nomor : 1345/Un.19/R/KP.07.2/6/2022, sebelumnya sebagai Kepala Subbag. Layanan Akademik. Kedua, M. Zaini Ismail, S.Pd.I., sebagai Kepala Subbag. Layanan Akademik, ditetapkan berdasarkan Keputusan Rektor Nomor : 1346/Un.19/R/KP.07.2/6/2022, sebelumnya merupakan Staf Fakultas Syariah, dan Dr. H. Fajar Hardoyono, M.Sc., sebagai Kepala UPT TIPD periode sampai dengan Tahun 2023, ditetapkan berdasarkan Keputusan Rektor Nomor : 1347/Un.19/R/KP.07.2/6/2022. Pembacaan Surat Keputusan penetapan pejabat terlantik oleh Koordinator OKH, Astuti Istikaroh, M.Pd.
Pada amanahnya, Rektor menyampaikan perlu ada kejelasan pembagian tugas di masing lini, baik staf maupun pejabat struktural dan kelembagaan.
“Kepala Bagian TU di Fakultas merupakan pejabat yang bertanggungjawab bidang administrasi di tingkat fakultas, jangan menunggu ada edaran dari Kepala Biro AUPK, baru melangkah, harus mampu memberikan keputusan sesuai dengan wilayah kerjanya” Kata Rektor. “Begitu pula Mas Ismail segera melihat tugasnya lalu berkoordinasi dengan atasannya Kepala Bagian Umum dan Kademik”, Lanjut Rektor.
Selainn itu dalam amanahnya, Rektor juga menyinggung terkait pentingnya struktur koordinasi yang baik, agar pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik dan komunikasi organisasi berlangsung dengan hangat.
“Terkait dengan koordinasi lintas unit, fakultas atau pascasarjana harus berkoordinasi dengan Rektorat, jangan sampai fakultas atau pascasarjana mengadakan kegiatan tapi rektorat tidak tahu, padahal kegiatan tersebut mengundang orang luar, untuk hal ini Kepala Biro AUPK harus membuat mekanisme agar semua kegiatan fakultas dan pascasarjana rektorat bisa tahu, bahwa ada kegiatan di unit kerja, meskipun sudah otonom, demi untuk mempermudah komunikasi bila ada tamu dari luar kampus”, Lanjut Rektor. “Terkait Tugas Mas Fajar sebagai Kepala UPT TIPD, saya mengharapkan untuk dapat melakukan penelitian, kajian dan evaluasi terhadap aplikasi-aplikasi yang sudah dibuat, pastikan ada keamanan di sana dan cegah kebocoran data dari aplikasi-aplikasi tersebut. Saat ini berdasarkan informasi, untuk sistem informasi Ma’had (SIMA) perlu ada perbaikan, ini harus segera diperbaiki dan diselesaikan karena menyangkut layanan terhadap mahasiswa”, tambah Rektor.
“Para Dekan yang memiliki Dosen menjadi Tim Komisi Etik, untuk mendorong mereka untuk menyempatkan diri menyelesaikan Naskah Akademik Kode Etik, bila untuk waktu tertentu tidak memungkinkan dilangsungkan rapat secara offlline, bisa dilaksanakan rapat secara virtual. Hal ini dilakukan agar kerja komisi etik dapat segera selesai. Harus ada perioritas dalam bekerja, sehingga hal-hal yang mendesak dapat segera diselesaikan”, sambung Rektor.
Di akhir amananya, Rektor juga mengingkatkan kepada semua unit kerja di UIN SAIZU terkait serapan anggaran. “Saat ini serapan anggaran kita masih 21 %, padahal ini sudah bulan Juni atau semester pertama, untuk itu perlu segera realiasi pelaksanaan kegiatan yang telah diagendakan, kami harapkan pada bulan November nanti, semua unit sudah mampu menyerap anggaran sepenuhnya, dan ini merupakan salah satu indikator kinerja lembaga”, pungkas Rektor.
Pelantikan pejabat struktural dan kelembagaan ini, juga dihadiri oleh Para Wakil Rektor, Para Dekan, Direktur Pascasarjana, Kepala Bagian Umum dan Akademik, serta Ketua LPPM dan LPPM serta Kepala SPI. Acara pelantikan berjalan dengan lancar, dan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat oleh Rektor dan tamu undangan.