• Home
  • Profil
    • Sambutan Rektor
    • Sejarah
    • Visi, Misi, dan Tujuan
    • Lambang dan Logo Universitas
    • Hymne & Mars
    • Pimpinan
    • SENAT
    • Pimpinan Fakultas
    • Akreditasi
    • Biro AUPK
  • Pendaftaran
    • Jalur
      • SPAN PTKIN
      • UM-PTKIN 2022
      • UM Mandiri
    • Program
    • Persyaratan
    • Biaya
    • Prosedur
    • Beasiswa
  • Internasional
  • Download
    • E-Doc Saizu
    • Sertifikat Akreditasi
      • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
      • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
      • Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora
      • Fakultas Syariah
      • Fakultas Dakwah
      • Pascasarjana
  • E-Journal
  • Unit & Lembaga

    FAKULTAS

    • Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
    • Dakwah dan Komunikasi
    • Syariah
    • Ushuluddin, Adab, dan Humaniora
    • Ekonomi dan Bisnis Islam
    • Pascasarjana

    LEMBAGA DAN SATUAN

    • Lembaga Penjaminan Mutu
    • Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
    • Satuan Pengawas Internal

    UNIT PELAYANAN TEKNIS

    • Perpustakaan
    • Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data
    • Pusat Pengembangan Bahasa
UIN SAIZU Purwokerto
  • Home
  • Profil
    • Sambutan Rektor
    • Sejarah
    • Visi, Misi, dan Tujuan
    • Lambang dan Logo Universitas
    • Hymne & Mars
    • Pimpinan
    • SENAT
    • Pimpinan Fakultas
    • Akreditasi
    • Biro AUPK
  • Pendaftaran
    • Jalur
      • SPAN PTKIN
      • UM-PTKIN 2022
      • UM Mandiri
    • Program
    • Persyaratan
    • Biaya
    • Prosedur
    • Beasiswa
  • Internasional
  • Download
    • E-Doc Saizu
    • Sertifikat Akreditasi
      • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
      • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
      • Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora
      • Fakultas Syariah
      • Fakultas Dakwah
      • Pascasarjana
  • E-Journal
  • Unit & Lembaga

    FAKULTAS

    • Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
    • Dakwah dan Komunikasi
    • Syariah
    • Ushuluddin, Adab, dan Humaniora
    • Ekonomi dan Bisnis Islam
    • Pascasarjana

    LEMBAGA DAN SATUAN

    • Lembaga Penjaminan Mutu
    • Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
    • Satuan Pengawas Internal

    UNIT PELAYANAN TEKNIS

    • Perpustakaan
    • Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data
    • Pusat Pengembangan Bahasa

Berita

FEBI Gelar Diskusi Dosen, Manajemen Branding Lembaga Zakat dan Wakaf

  • Posted by agus
  • Categories Berita
  • Date 5 September 2021


Purwokerto–Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto menggelar diskusi dosen dengan tema “Manajemen Branding Lembaga Zakat dan Wakaf” secara daring melalui zoom meeting pada Jum’at (03/09/2021).
Menghadirkan narasumber Dr. H. Chandra Warsito, M.Si. dan moderator Ma’ruf Hidayat, M.H.
Chandra Menyampaikan bahwa Lembaga-lembaga agama mempromosikan diri sebagai respon pasar spiritual. Agama memiliki pengaruh signifikan terhadap kepercayaan, identitas dan nilai-nilai individu. Beberapa keyakinan dan doktrin agama dapat memotivasi konsumen menciptakan peningkatan kegiatan konsumsi tertentu. Di lain pihak, beberapa prinsip-prinsip agama dapat menghambat konsumsi barang atau jasa. Dalam hal ini, agama melalui doktrin atau prinsipnya berkontribusi pada pembentukan sikap khusus terhadap komoditas.
“Branding tidak hanya logo tapi juga bagaimana dapat mendorong emosi konsumen/masyarakat mengenal Lembaga zakat dan wakaf yang di tawarkan, apa saja produknya. Maka lembaga zakat harus berinovasi, memiliki trust. Segala sesuatu membutuhkan nama, namun tidak banyak lembaga dakwah yang memperhatikan pengemasan brand yang baik, padahal seorang konsumen dapat mengenal suatu barang ataupun jasa yang ditawarkan melalui merek. Melalui merek masyarakat terbantu dalam menafsirkan dan mencerna informasi produk lembaga, kemudian pada akhirnya membantu membangun hubungan antara lembaga amil zakat dan muzakki berdasarkan kepercayaan,” jelasnya.
Chandra juga menambahkan bahwa kesan yang seharusnya diperoleh seseorang mengenai Lembaga Zakat dan Wakaf adalah Profesional, (seluruh SDM memiliki sertifikasi amil.); amanah, (meningkatkan kepercayaan muzakki); transparasi (laporan keuangan secara berkala di audit secara eksternal oleh lembaga akuntan publik yang kredibel dan independent agar dapat memberikan daya dorong atau motivasi seseorang untuk menyalurkan zakatnya.
“Seseorang memiliki minat berzakat dan wakaf karena Interest yaitu ketertarikan yang menunjukkan adanya pemusatan perhatian dan perasaan senang; Desire, keinginan ditunjukkan dengan adanya dorongan untuk ingin memiliki; Conviction, keyakinan yang ditunjukkan dengan perasaan percaya diri individu terhadap kualitas, daya guna, dan keuntungan dari produk yang akan dibeli,” tambahnya.
Di sesi akhir Chandra mengungkapkan bahwa Indikator keberhasilan branding yaitu brand image yang dibangun melalui periklanan, penyediaan layanan, dan tampilan jati diri; Brand awareness adalah ditandai dari adanya jumlah like, follower dan share atas status, postingan maupun twit; Brand trust ditandai melalui adanya orang yang berdonasi di lembaga amil zakat; Brand loyalty yang ditandai dengan adanya komitmen para muzakki donatur tetap pada lembaga amil zakat.
Peserta diskusi sangat antusias dengan berbagai pertanyaan yang muncul seperti dari Dhani Kusumastuti M.Si., yang menanyakan tentang perspektif positioning dan elemen brand imaging.
Dr. Chandra menjelaskan bahwa yang terjadi dilapangan, baik LAZISNU maupun LAZISMU sebenarnya mendapat dana juga dari baznas, tetapi dilapangan mereka memberikan kepada yang berhak berdasarkan orang Muhammadiyah dan NU. Karena menganggap mereka lebih tahu yang lebih berhak karena berada pada satu organisasi/komunitas yang sama. (Tim Media 2021)

author avatar
agus

Previous post

INSPIRATIF, Lima Kejuaraan ESSAY Tingkat Nasional Dibabat Habis oleh Mahasiswa BKI UIN SAIZU
5 September 2021

Next post

Keren, Mahasiswa TBI UIN SAIZU Juara English Speech Contest Tingkat Internasional
5 September 2021

You may also like

Penguman Kelulusan Dan Registrasi Mahasiswa Baru Jalur UM-PTKIN Tahun 2022
30 June, 2022

Informasi berkaitan dengan kelulusan dan cara registrasi ulang mahasiswa baru jalur UM-PTKIN Tahun 2022 Silahkan baca selengkapnya Disini

PRODI PMI UIN SAIZU GELAR PELATIHAN KOMPETENSI FASILITATOR MAHASISWA
28 June, 2022

Purwokerto- Prodi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Fakultas Dakwah UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto menggelar workshop pelatihan kompetensi mahasiswa prodi PMI “Tehnik Coaching bagi Fasilitator Pemberdayaan masyarakat Era Digital.” Pelatihan diikuti oleh mahasiswa Prodi PMI di Hall Perpus UIN Saizu. Menghadirkan …

UIN SAIZU KUKUHKAN PROF TUTUK, GURU BESAR BIDANG ILMU SOSIOLOGI PENDIDIKAN
28 June, 2022

Purwokerto–Dr. Tutuk Ningsih, M.Pd dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Sosiologi Pendidikan dan diberi gelar Profesor. Sidang senat terbuka yang digelar pada Senin (27/06), secara blended system yaitu selain dihadiri oleh segenap tamu undangan terbatas di Auditorium UIN SAIZU juga disiarkan …

Search

BERITA TERKINI

  • Penguman Kelulusan Dan Registrasi Mahasiswa Baru Jalur UM-PTKIN Tahun 2022
  • PRODI PMI UIN SAIZU GELAR PELATIHAN KOMPETENSI FASILITATOR MAHASISWA
  • UIN SAIZU KUKUHKAN PROF TUTUK, GURU BESAR BIDANG ILMU SOSIOLOGI PENDIDIKAN
  • Kembangkan Prospek Lulusan, Prodi MAZAWA UIN SAIZU Hadiri Asosiasi MAZAWA se-Indonesia
  • 4.518 Calon Mahasiswa Baru, Mengikuti UM-PTKIN di UIN SAIZU

PENGUMUMAN

  • Pengumuman Kelulusan dan Ketentuan Registrasi Calon Mahasiswa Baru Lulus SPAN-PTKIN 2022
  • PEMBERITAHUAN MIGRASI SISTEM
  • Kontingen UIN SAIZU Juara II Inovasi Media Pembelajaran
  • VISITASI & VERIFIKASI BKK UIN SAIZU, “SELAMAT“ TELAH TERBENTUK RESMI
  • SKD CPNS KEMENTERIAN AGAMA WILAYAH JAWA TENGAH TAHUN 2021, CEK JADWAL DAN LOKASI

  • Jl. Jend. A. Yani 40A, Purwokerto, Indonesia 53126
  • Phone: +62-281-635624
  • Fak: +62-281-636553
  • Email: [email protected]
  • Facebook
  • Instagram
  • Youtube

Layanan

  • Sisca
  • Silma
  • SIB
  • BKD
  • Sinvey
  • Siyanis
  • Sifani

Lembaga & Unit

  • Lembaga Penjaminan Mutu
  • Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
  • Satuan Pengawas Internal

© 2021 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data UIN Saizu.

  • FAQ’s
  • Sitemap
  • Privasi & Kebijakan