DISCUSSION SERIES 8 FEBI UIN SAIZU, Strategi Komunikasi Pemasaran Dongkrak Volume Penjualan
Purwokerto-Konsorsium Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN SAIZU Purwokerto menggelar Discussion Series ke 8 menganggat tema “Strategi Komunikasi Pemasaran.” Acara digelar secara online melalui Googe meet (03/08). Diskusi yang diikuti dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN SAIZU Purwokerto ini menghadirkan narasumber H. Kholilur Rahman, Lc., M.A.
Kholil mengatakan bahwa social media online bagi perusahaan adalah media promosi yang paling bagus dibandingkan yang lainnya. Sosial media Facebook dan Instagram dianggap media yang paling ampuh untuk pemasaran, karena selain mudah dijangkau orang banyak, juga sederhana sebagai media promosi sekaligus sebagai media pemesanan. Mengingat kegiatan dan program online yang dirancang tersebut adalah untuk melibatkan pelanggan atau prospek yang secara langsung atau tidak langsung meningkatkan kesadaran, memperbaiki citra, atau menciptakan penjualan produk dan jasa.
“Selain pemasaran online kegiatan penjualan personal yang dilakukan oleh perusahaan misalnya hadir dalam Bazar dan membuka open table untuk menawarkan produk dan karya yang sudah dipasarkan atau yang belum dibuat (made by request) yang merupakan bagian dari penjualan langsung atau penjualan personal. Promotion yang dilakukan berkaitan dengan bagaimana perusahaan menggunakan semua media iklan sebagai media promosi untuk menjaga pelanggan lama dan mendapatkan pelanggan baru,” jelasnya.
“Perusahaan selalu mengedepankan keramahan dan kesopanan dalam berkomunikasi, baik yang secara langsung maupun komunikasi lewat social media, karena bagi perusahaan berkomunikasi dengan baik akan menjadi nilai tambah tersendiri, meskipun kepada masyarakat atau calon konsumen yang bertanya saja dan belum tentu membeli. Di sisi lain, komunikasi yang dianggap paling efektif bagi perusahaan adalah bertatap muka langsung yang dapat membentuk pemahaman pelanggan terhadap produk sehingga mereka kemudian akan bertanya dan tertarik terhadap penawaran tersebut,” tambahnya.
Sementara itu, penjualan personal meliputi kegiatan presentasi penjualan, rapat penjualan, program insentif, sampel dan pameran dagang. Perusahaan mendapatkan lebih banyak pelanggan atau calon pelanggan yang baru ketika Perusahaan mengadakan fashion show dan display. Strategi sederhana di atas merupakan pemasaran langsung yang dapat dijadikan sebagai acuan 10 promosi yang efektif dan langsung mendapatkan hasil yang kelihatan. (Humas 2022)