UPT Perpustakaan UIN SAIZU Gelar Workshop Research Skill untuk Mahasiswa Program Doktoral

Purwokerto-Tuntutan dunia akademis dalam menulis ilmiah di era kiwari sudah tak lagi hanya sebatas menggunakan referensi tercetak. Sumber-sumber primer yang tersedia secara daring dapat memudahkan para akademisi untuk memperoleh referensi dengan mudah. Oleh karena itu, UPT Perpustakaan UIN Saizu menggelar Workshop Research Skill dengan tema “Optimalisasi Pemanfaatan Sumber Daya Digital dalam Penulisan Ilmiah”.

Kegiatan yang digelar pada Selasa (28/9) ini ditujukan untuk mahasiswa baru Program Doktoral, Pascasarjana UIN Saizu. Kegiatan ini dilaksanakan secara luring di Ruang Sidang Doktor Lt. 1 Gedung Pascasarjana UIN Saizu dengan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Kegiatan ini merupakan pengenalan aplikasi zotero dan meningkatkan kemampuan  pemustaka (user) dalam menggunakan aplikasi reference manager zotero.

Aris Nurohman, S.H.I., M.Hum., Kepala Perpustakaan UIN Saizu, yang menjadi pemateri pada kegiatan tersebut mengulas tentang pentingnya sebuah reference tool manager seperti Zotero penting untuk dikuasai oleh kalangan akademis, termasuk mahasiswa. Tidak hanya membantu dalam proses penelusuran referensi dan pengelolaan sitasi serta daftar pustaka, Zotero bisa membantu penyusun karya ilmiah terhindar dari tindakan plagiasi. Dengan Zotero, penyusun karya ilmiah tidak perlu kuatir salah melakukan kutipan atau lupa mencantumkan sumber rujukan saat menyusun daftar pustaka karena secara otomatis susunan daftar pustaka bisa terbentuk. Dalam waktu sekitar dua jam, seluruh peserta diajarkan bagaimana memasang Zotero di perangkat komputer, menelusuri dan menyimpan referensi, membuat sitasi dan daftar pustaka, Kemudian sisanya adalah tanya jawab sekaligus praktik membuat karya ilmiah yang dibuat dengan Zotero.

Indah Wijaya Antasari, ketua panitia kegiatan tersebut menyatakan bahwa ke depan kegiatan serupa akan dilaksanakan juga untuk mahasiswa pada jenjang S-1 dan S-2. “Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan bekal keterampilan tentang tata cara penulisan karya ilmiah, memberikan kemudahan dalam menulis karya ilmiah dengan Software Aplikasi Reference Manager Zotero,” tuturnya. (Tim Media 2021)

 

 

Print Friendly, PDF & Email