UIN SAIZU Purwokerto Perkuat Moderasi Beragama dan Wawasan Kebangsaan TENDIK

 

Purwokerto–UIN SAIZU Purwokerto melalui Rumah Moderasi Beragama perkuat moderasi beragama dan wawasan kebangsaan para Tenaga Kapendidikan (Tendik). Kegiatan yang digelar di Hall Perpustakaan UIN SAIZU mulai pukul 08.30 ini dihadiri oleh para tenaga kependidikan  dengan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19. (29/09/2021)

Sejak diresmikan pada Maret 2020 silam, Rumah Moderasi Beragama UIN SAIZU aktif bergerak memperkuat komunikasi dan kajian keagamaan yang inklusif di UIN SAIZU. Menurut Turhamun, S.Sos.I.,M.S.I., ketua panitia “Workshop Moderasi Beragama dan Wawasan Kebangsaan bagi Tendik,” kegiatan ini bertujuan agar para tendik juga menjadi sasaran penting dalam mewujudkan moderasi beragama di lingkungan UIN SAIZU.

Senada dengan itu, Dr. H. M. Roqib., M. Ag., Rektor UIN SAIZU, dalam sambutannya menyampaikan bahwa ia berharap agar komitmen dan kinerja para tendik mampu meningkat setelah menyimak paparan para pemateri tentang moderasi beragama dan wawasan kebangsaan.

Para pemateri dalam kegaitan ini adalah Ruchman Basori, S. Ag., M. Ag. (Kasubdit Sarpras dan Kemahasiswaan Dirjen Pendidikan Islam Kemenag) dan Muhammad Aziz Hakim, M. Ag. (Kasubdit TU Dirjen Pendidikan Islam Kemenag).

Dalam paparannya, Ruchman Basori mengungkapkan problematika-problematika berbangsa serta beragama yang ada di Indonesia saat ini seperti indeks kerukunan umat beragama.

“Indeks kerukunan umat beragama saat ini menurun dari 75,4 pada tahun 2015 menjadi 73,8 pada 2019. Penurunan indeks ini menggambarkan masih lemahnya toleransi, kesetaraan, dan kerja sama antarumat,” jelasnya.

Pemateri kedua, Muhammad Aziz Hakim, menyampaikan paparannya terkait integritas dan komitmen organisasional. Dalam paparan tersebut, beliau menyampaikan bahwa integritas dan komitmen tersebut dapat diwujudkan dalam bentuk patuh pada kode etik yang telah disepakati, tidak tergoda melakukan penyelewangan dengan kewenangan yang dimiliki.

Turhamun menyebutkan bahwa ke depan, kegiatan workshop serupa akan dilaksanakan juga bagi tenaga pendidik (dosen) dan mahasiwa UIN SAIZU. (Tim Media 2021)

 

 

Print Friendly, PDF & Email