Pramuka UIN SAIZU Purwokerto Kuatkan Cinta Keberagaman

Purwokerto—Pramuka harus memiliki sikap patriotisme dan mencintai keberagaman. Hal tersebut diungkapkan Sulkhan Chakim Wakil Rektor III UIN SAIZU dalam kegiatan Penerimaan Tamu Racana (PATRA) tahun 2021 Racana Sunan Kalijaga-Cut Nyak Dien pangkalan Universitas Islam Negeri (UIN) Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto yang dilaksanakan di Auditorium Utama UIN SAIZU Purwokerto (8-10/10/21).

Penerimaan Tamu Racana merupakan kegiatan yang menjadi pintu awal masuknya seorang anggota pramuka menjadi warga racana, pada kegiatan kali ini diikuti oleh 55 peserta terdiri dari 12 putra dan 43 putri.

“Penerimaan Tamu Racana yang diselenggarakan tahun ini bertema “Jadilah Pramuka yang Berintegritas di Masa yang Akan Datang,” kata Aji Anggara Ketua pelaksana kegiatan.

“Peserta dibekali materi diantaranya mentalitas Pramuka, urgensi kepramukaan dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, pengenalan Pramuka Penegak Pandega, menciptakan kegiatan yang menarik, menantang, dan mendidik,” jelas Aji.

Sulkhan Chakim juga mengatakan bahwa kecintaan pada tanah air, dan merawat keberagaman dalam kebhinekaan harus juga dikedepankan dengan kegigihan dalam mengembangkan diri untuk terjun dalam ikut serta membangun masyarakat, demi terwujudnya kehidupan yang lebih baik.

“Memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa. Maka sudah menjadi tugas anggota pramuka terlebih berpangkalan di Perguruan Tinggi Keagamaan untuk membantu menggandrungkan pemahaman moderasi beragama di Indonesia dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara,” tambahnya.

Pembina Pramuka UIN SAIZU Purwokerto Hizbul Muflihin mengatakan bahwa potensi manusia adalah menjadi bermanfaat dan bermasyarakat. Sehingga, sebagai Pramuka, harus selalu melatih diri dengan ketrampilan yang dimilikinya, sesuai dengan hati nurani, sesuai dengan rasa kesukarelaan, dan sesuai dengan nilai-nilai kode etik kehormatan Pramuka.

“Maka dari itu, jadilah Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang tangguh, ulet, dan terampil,” ujarnya.

(Tim Media 2021, M. Aji, & Rofi Muzaki)

Print Friendly, PDF & Email