Dr. K.H. Moh. Roqib, M.Ag., Resmi Jadi Rektor UIN SAIZU Purwokerto

 

Purwokerto—Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas hari ini melantik empat pimpinan pejabat Eselon I dan enam pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Negeri (PTKIN) di lingkungan Kementerian Agama. Salah satunya adalah Dr. K. H. Moh. Roqib, M.Ag., Rektor UIN Profesor K.H. Saifuddin Zuhri (UIN Saizu). Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan berlangsung dengan protokol kesehatan secara ketat di Auditorium H.M. Rasjidi Kantor Kementerian Agama Jl. MH Thamrin Jakarta. (01/10/2021)

Saksi dalam penandatanganan berita acara Sekjen Kemenag  Nizar dan Dirjen Pendidikan Islam Ali Ramdhani. Hadir pula dalam pelantikan, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi, Penasihat dan Ketua DWP Kemenag RI, serta sejumlah pejabat Eselon I dan Stafsus/Tenaga Ahli Menteri Agama.

Disampaikan  oleh Menag bahwa promosi dan mutasi pejabat struktural birokrasi dan pimpinan PTKIN diharapkan membawa perubahan, perbaikan dan penyempurnaan dalam tata kelola organisasi atau program yang dilaksanakan, bukan sekadar direncanakan.

“Satu program yang dilaksanakan lebih baik daripada seribu program yang hanya direncanakan. Saudara-saudara diharapkan segera menyesuaikan diri dengan medan tugas yang baru, memahami lingkup ekosistem organisasi dan mencermati segala tantangan yang pasti berbeda daripada medan tugas saudara-saudara di tempat sebelumnya,” pesan Menag.

Berikut ini adalah daftar enam Rektor UIN yang dilantik Menteri Agama.

  1. Prof Dr H Sagaf S Pettalong sebagai Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah
  2. Babun Suharto sebagai Rektor Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember
  3. Maftukhin sebagai Rektor Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UIN SATU)
  4. M. IIyasin sebagai Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  5. Moh. Roqib sebagai Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Profesor K.H. Saifuddin Zuhri  (UIN Saizu) Purwokerto
  6. Mudhofir sebagai Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta.

Sesuai dengan amanat Menag, sebagai Rektor UIN SAIZU yang pertama dengan niat yang tulus ikhlas bertekad untuk memajukan kampus UIN SAIZU dengan menerima masukan dan kritik konstruktif dari internal maupun eksternal kampus. Semakin banyak individu, komunitas, pemerintah, dan masyarakat yang terlibat untuk berkontribusi maka akan semakin kuat dan cepat perkembangan kampus UIN SAIZU.

Untuk itu, Rektor mengajak seluruh warga kampus mengambil bagian dalam memajukan kampus masyarakat penginyongan ini.

“Marilah kita jadikan keterbatasan karena pandemi Covid-19 saat ini sebagai medan perluasan kecerdasan dan pemanfaatan potensi yang selama ini belum dioptimalkan. Karena posisi UIN SAIZU di kota kecil, maka marilah kita jadikan tantangan untuk mengubah dan mengembangkannya menjadi  pendidikan yang kondusif, tanggap sosial, dan  ramah lingkungan,” ungkap Roqib.

Rektor UIN SAIZU juga ingin membangun komitmen bersama untuk merubah tantangan dan keterbatasan menjadi peluang.

“Marilah kita membangun komitmen bersama untuk merubah tantangan dan keterbatasan menjadi peluang untuk meraih kejayaan masa depan berawal dan berakhir dari pendidikan yang  Unggul, Progresif, dan Integratif, menebar keberkahan dan kemanfaatan,” pungkasnya.

(Tim Media 2021)

 

 

Print Friendly, PDF & Email